Akhir-akhir ini aku sering buat jus wortel buat aku dan suamiku…Khasiat jus wortel banyak manfaatnya.Tulisan di bawah ini dikutip dari buku “Menangkal Penyakit dengan Jus Buah & Sayuran” karangan Dr.AP Bangun,MHA., “Cantik Tanpa Makeup” Dr. Aimanal al Husaini, “Terapi Jus” Dr. RA Nainggolan.Mudah2an bermanfaat.

Wortel

Wortel termasuk sayur-sayuran yang paling luas dikenal manusia.Manusia mulai mengkonsumsi wortel setelah mengetahui beberapa manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Konon, orang-orang Yunani dan Romawi yang pertama kali mempublikasikan manfaat wortel ini. Dan informasi mengenai manfaat wortel ini didapat dalam buku-buku mereka yang telah ditulis sejak 230 tahun sebelum masehi.

Wortel dikategorikan sebagai alat kecantikan yang utama. Karena ia kaya akan vitamin A.Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan dan kemulusan kulit. Karenanya,  ia termasuk jenis sayuran alami yang bermanfaat untuk pemeliharaan kulit.Sebagaimana disampaikan oleh para ahli kecantikan, mengkonsumsi jus wortel yang segar secara teratur akan memberikan pengaruh yang besar, misalnya mencegah timbulnya bintik dan noda hitam pada kulit, juga dapat memperindah warna kulit yang secara alami terlihat lebih bersih.Manfaat wortel tidak hanya untuk kulit saja tetapi juga untuk nurtisi rambut dan mata, karena kedua organ ini sangat membutuhkan vitamin A.

Wortel banyak mengandung banyak vitamin A selain vitamin lainnya seperti vitamin B,C,D,E,G dan K.Menurut penelitian zat besi dan kalsium yang terdapat dalam wortel dapat diasimulasikan di dalam tubuh. Sari wortel berisi hampir semua mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Disamping itu, wortel juga berisi belerang,klor dan fosfor.Bahkan wortel merupakan salah satu sumber kalsium terbaik.

Sari wortel merupakan pelarut yang baik untuk borok dan kanker dapat menahan infeksi dan sangat efisien dalam membantu kelancaran kerja adrenalin.Infeksi pada mata, kerongkongan (tonsil) dan rongga hidung juga dapat diatasi dengan sari wortel.Selain itu, sari wortel juga dapat melindungi susunan saraf,organ pernafasan serta menambah kekuatan dan kesegaran tubuh.

Dengan meminum sari wortel, hati dapat dibersihkan dan bahan-bahan penyumbat di dalamnya dapat dilarutkan.Begitu banyaknya larutan yang dikeluarkan dari dalam tubuh, warna kulit sering tampak menguning karena sebagian larutan itu dikeluarkan melalui pori-pori.Jadi, jika terjadi perubahan warna kulit setelah minum sari wortel atau sari sayuran lainnya menandakan hati sedang dalam proses pembersihan.Kelenjar endokrin, terutama adrenalin dan kelenjar kelamin membuntuhkan unsur-unsur yang terdapat di dalam wortel. Kemandulan kadang-kadang dapat diatasi dengan menggunakan sari wortel.Kemandulan kemungkinan disebabkan oleh makanan yang asam dan enzimnnya sudah rusak karena dimasak.Unsur-unsur yang ada di dalam wortel sangan dibutuhkan untuk melengkapi unsur yang kurang itu.

Dengan menggunakan mikroskop mutakhir, dapat dilihat bahwa susunan molekul-molekul sari wortel persis sama dengan molekul darah.Itulah sebabnya sari wortel sangat besar manfaatnya bagi tubuh.

Jenis akar yang konon sangat disukai kelinci ini sangat kaya dengan zat gizi, mineral-mineral penting dan zat antioksidan. Diperkaya dengan kebaikan vitamin A, B dan C, plus zat besi, kalsium dan kalium, wortel memberi Anda daya peningkat vitalitas yang alami, dan juga mempertajam daya penglihatan. Antioksidan membantu sistem imun mengatasi pengaruh radikal bebas. Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang paling efektif, dan juga membantu membangun jaringan sel yang sehat. Wortel juga dapat meningkatkan kesehatan kulit bagi mereka yang memiliki jerawat atau eksim. Plus, kandungan zat besinya meningkatkan jumlah sel darah yang dapat membantu mencerahkan kulit. Sifat ini pun sangat baik bagi Anda yang menderita anemia atau sedang merasa letih dan ‘drop’.

Beta-karoten selalu dihubungkan dengan sayuran ini. Beta-karoten yang lazim muncul pada buah-buahan dan sayur-sayuran yang berwarna kuning atau jingga ini bisa meningkatkan kesehatan mata, termasuk meningkatkan daya penglihatan pada malam hari. Beta-karoten juga dipercaya dapat menghambat pertumbuhan tumor, terutama sel-sel kanker pada paru-paru dan pankreas akibat kebiasaan merokok.

Dalam bentuk jus, wortel membantu membangkitkan aktivitas usus dan meningkatkan pergerakan normal usus besar. Segelas jus di pagi hari akan menjadi awalan yang baik bagi sistem tubuh Anda. Blender satu atau dua buah wortel berukuran sedang dan minum segera. Zat-zat gizi yang penting akan hilang dalam waktu 20 menit setelah proses blendingWortel termasuk sayuran populer yang paling banyak mengandung zat makanan.Disarankan memilih wortel yang bentuk baik, kondisi segar dan warna jingganya yang cerah.Wortel yang terlalu besar memiliki rasa yang agak tajan dan sedikit pahit.
Selain rasanya enak, wortel yang masih segar juga memiliki nilai gizi yang baik. Wortel merupakan sumber utama karoten atau beta karote. Di dalam hati kareoten bisa berubah menjadi vitamin A jika tubuh kekurangan vitamin A. Kandungan vitamin A dalam wortel sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk membantu penglihatan, mencegah rabun senj, mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki kulit.Vitamin A juga berfungsi membantu hati dalam menghilangkan racun dalam tubuh. Sementara itu, beta karoten dalam wortel berkasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit, meningkatkan kesehatan tubuh dan menghambat penuaan.
Wortel juga memperkaya sel dan jaringan serta melindunginya dari kanker. Selain itu, wortel juga merangsang reaksi pembersihan lemak sehingga bisa membantu lemak secara muda dan cepat.Kandungan nutrisi wortel adalah 27 mg kalsium,0,5 zat besi, 34 mg sodium, 26 mg fosfor, 246 mg potasium, 6 mg vitamin C, 7,931 UI vitamin A dan sejumlah vitamin B kompleks.Kandungan mineral yang terdapat dalam wortel adalah kalium,Mineral ini berfungsi menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan membantu tekanan darah serta membantu menetralkan asam dalam darah.

Manfaat wortel bagi kesehatan :

  1. Mengatasi gangguan pada kulit.
  2. Membantu pencernaan.
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Antioksidan dan anti kanker.
  5. Menurunkan kadar kolesterol.
  6. Menurunkan tekanan darah tinggi.
  7. Mengatasi rabun senja.
  8. Mengatasi kegemukan atau obesitas.

Jus Wortel juga berkhasiat sebagai laksatif, yakni melancarkan buang air besar karena di dalam wortel terdapat pektin yang berkhasiat mencegah dan mengatasi sembelin dengan cara memperlunak feses dan mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan.Kandungan pektin yang ada dalam wortel juga mampu menurunkan kolesterol tinggi dan membantu kesehatan usus besar.
Kandungan karoten pada wortel berfungsi menghalangi kanker.Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wortel terbukti mampu menurunkan resiko semua tipe kanker.
Wortel juga bersifat sebagai pembersih darh dan mendorong keluar sisa metabolisme sel tubuh melalui ginjal sehingga dapat mencegah pengendapan sisa-sisa metabolisme yang memicu munculnya penyakit batu ginjal dan saluran kemih.
Zat-zat penting yang dikandung dalam wortel juga sangat diperlukan untuk memicu fungsi kerja kelenjar endokirin khususnya adrenalin dan kelenjar kelamin sehingga dapat bermanfaat untuk menangkal kemandulan dan menyuburkan sistem reproduksi.
Jus wortel 1 cangkir sehari membuat tubuh lebih sehat dan mampu  menangkal kanker.

Wortel atasi stroke

May 13, 2009 by Administrator
Filed under Kesehatan

Anjuran mengonsumsi wortel agar mata sehat, sering terdengar dari orang tua atau guru. Memang kandungan karoten dan vitamin A sangat baik untuk indra penglihatan. Nyatanya, wortel juga bermanfaat sebagai masker yang menghaluskan wajah hingga menurunkan risiko serangan jantung dan mencegah stroke.

Wortel yang memiliki nama latin Daucus carota L adalah jenis buah yang berasal dari negeri yang beriklim sedang (sub-tropis) dari Asia Timur Dekat dan Asia Tengah. Kandungan Karoten dan vitamin A wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Zat-zat tersebut membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah.

Kekurangan vitamin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai Avitaminosis A dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja. Dengan mengkonsumsi wortel baik dalam bentuk jus, sayur atau lalapan segar dapat menjaga kesehatan mata.

Ternyata selain baik untuk mata, kandungan Beta karoten dalam wortel dapat mencegah dan mengatasi kanker, darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dan mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Kandungan tinggi antioksidan karoten juga terbukti dapat memerangi efek polusi dan perokok pasif.

Selain mengandung beta karoten, wortel juga mengandung potasium tinggi yang dapat menetralkan keasaman darah pada pecandu rokok, alkohol dan obat-obatan berbahaya. Potasium juga berpotensi untuk menjinakan racun, terutama logam berat yang ditimbulkan polusi udara.

Tidak hanya umbinya saja, ternyata daun wortel juga memiliki khasita yang tak kalah hebatnya. Zat paspirine yang terkandung di daun wortel dapat merangsang kelenjar pituitary, yaitu kelenjar di bawah otak yang memberi perintah untuk melepaskan hormon seks.

Zat-zat yang terdapat pada wortel sangat dibutuhkan dalam memicu fungsi kerja kelenjar endoktrin, khususnya kelenjar adrenalin dan kelenjar kelamin, juga berkhasiat menyuburkan sistem reproduksi.

Meminum segelas sari daun wortel segar ditambah garam dan sesendok teh sari jeruk nipis berkhasiat untuk mengantisipasi pembentukan endapan dalam saluran kencing, memperkuat mata, paru-paru, jantung dan hati.

Sementara mengunyah daun wortel dapat menyembuhkan luka-luka dalam mulut dan menghilangkan napas bau, gusi berdarah dan sariawan. Mengonsumsi wortel selama tiga minggu juga menurunkan risiko serangan jantung sekitar 22 persen. Makan wortel paling sedikit lima kali setiap minggu dapat menurunkan risiko terkena stroke sebesar 68 persen.

Bagi yang sudah terserang stroke, vitamin A dapat mencegah kematian atau cacat pascastroke. Seperti diketahui, dalam setiap 100 gram wortel diketahui mengandung 12.000 S.I vitamin A.

Bagi penderita penyakit Lupus atau System Lupus Erythematosus (SLE) juga dianjurkan untuk mengkonsumsi wortel karena kandungan vitamin A, garam mineral dan karbohidrat alami yang tinggi.

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit wajah mulus, berseri dan sehat dapat menggunakan ramuan dari wortel. Ambil 1-2 wortel ukuran besar. Kemudian masak wortel dan hancurkan hingga lembut kemudian tambahkan dengan dua sendok madu. Oleskan pada kulit wajah, diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air.

Masalah kulit seperti jerawat, bengkak bernanah ataupun kulit kering yang dipicu oleh diet dan kebiasaan minum alkohol, obat-obatan, dan rokok, sehingga menimbulkan kondisi asam yang tinggi dalam darah, semuanya dapat dicegah dengan rutin minum jus wortel. Siap mencoba?
Sumber : http://republika.co.id/berita/48681/Wortel_Dapat_Antisipasi_Stroke

About these ads