1. Pengertian

Rokok adalah racun yang dapat menyebabkan gejala yang sangat fatal bila tidak dihentikan.Kebiasaan merokok selain mempengaruhi kesehatan juga mempengaruhi kepribadian .

Perokok biasanya berkepribadian yang keras dan apabila tidak merokok sekali saja maka kelakuaannya semakin menjadi-jadi.

Perlu diketahui ,asap rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia berbahaya . Sekitar 60 diantaranya dikenal bersifat Karsinogenik ( penyebab terjadinya kanker ) , bahan kimia yang berbahaya dalam rokok diantaranya adalah:

ASETON = Penghapus cat kuku

AMONIAK = Bahan pembersih lantai

ARSENIK = Racun tikus

BUTAN = Bahan bakar korek api

KADMIUM = Dipakai pada baterai mobil

KARBON MONOKSIDA = Gas beracun yang keluar dari knalpot

DDT = Obat pembasmi serangga

HIDROGEN SIANIDA = Gas racun untuk hukuman mati

METANOL = Bahan bakar roket

NAPTHALENE = Kapur barus

TOLUENE = Bahan pelarut Industri

VINIKLORIDA = Bahan baku plastik PCV

  1. Masyarakat yang merokok dan penyebabnya

Dewasa ini ,rokok bukanlah hal yang tabu bagi semua lapisan masyarakat.Yang biasanya untuk pria ,sekarang tidak asing lagi perempuan memakainya juga.

Berikut ini kami akan mengutarakan alasan perokok dengan penyebab mereka merokok:

Anak –anak

Anak-anak biasanya merokok disebabkan pengaruh teman sebayanya. Mungkin saja kurang ketatnya pengawasan orang tuanya. Atau juga karena kesibukan orangtua yang akan melantarkan anaknya. Hal ini jarang terjadi, tapi telah kami teliti anak-anak jalanan banyak yang merokok, sebab hidup mereka yang kurang terawat oleh orang tuanya.

Remaja

Remaja adalah masa di mana terjadinya kelabilan jiwa karena telah memasuki fase dari anak-anak menuju fase dewasa.Hasil wawancara kami terhadap remaja yang merokok karena dipengaruhi oleh teman mereka.Karena apabila tidak merokok dikatakan tidak gaul oleh teman-temannya.

Dewasa

Pada fase dewasa ,alasan merokok karena kebutuhan untuk menenangkan pikiran para orang dewasa.Itu disebabkan banyaknya opini masyarakat yang apabila merokok dapat mengurangi beban pikiran.

  1. Sudut pandang Biologi

Sebagian besar ilmuan abad 19 perilaku menyimpang disebabkan faktor biologis,seperti tipe sel tubuh.Ilmuwan seperti Lombroso,Kretschemer,Hooton,Von Henting ,dan Sheldon.Hasil penelitian menunjukkan orang yang mempunyai tipe tubuh tertentu cenderung melakukan perbuatan menyimpang.

Sheldon mengidentifikasi tipe tubuh menjadi 3 dasar : endomorph (bundar,halus,gemuk), dan mesomorph (berotot,atletis), dan echtomorph (tipis,kurus) mempunyai potensi masing-masing. Bagi perokok mempunyai bibir yang berwarna hitam, nafas berbau rokok, dan lain-lain.

Cesare Lombroso (kriminolog Italia) berpendapat orang yang jahat mempunyai ciri rahang besardan tulang pipi panjang , kelainan mata yang khas ,tangan,jari,kaki yang relatif besar,susunan gigi yang abnormal.Dari ciri di atas perokok umumnya penjahat.Orang beranggapan dengan merokok akan terlihat kuat.

  1. Sudut pandang Sosiologi

Teori psikologi berbeda dengan teori biologi.Teori ini beranggapan bahwa seeorang yang mengalami penyakit mental yang berupa gangguan dengan bentuk perilaku menyimpang.

Sigmund Freud membagi diri manusia atas tiga dasar yaitu :

– Id – Bagian diri yang bersifat tidak sadar ,naluriah dan implusif terpengaruh oleh gerak hati

– Ego – Bagian diri yang bersifat dasar dan rasional(penjaga pintu kepribadian)

– Superego – Bagian diri yang telah menyerap nilai-nilai kulural dan berfungsi sebagai suara hati.

E. Pencegahan Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang buruk.Karena selain merusak kesehatan juga merusak kepribadian kita.Untuk tidak merokok lakukan pencegahan dini.Pelajari dari pengalaman berbagai orang yang mengeluh saat merokok sehingga kita bisa merasakan dampak buruk merokok.

  1. HASIL ANGKET SMA 1 PADANG

NO. Pernyataan Kelas 10 Kelas 11 Kelas 12

  1. Sejak kapan anda merokok? Sejak SD kelas 6 Sejak SMP Sejak
  2. Kenapa anda merokok? Ngikutin teman Syarat untuk diterima geng gua Penasaran
  3. Siapa yang mempengaruhi anda untuk merokok? Teman –teman Teman Teman.
  4. Bagaimana tanggapan orangtua terhadap anda? Marah besar. Ngak ada ,karna mereka belum tahu Sangat marah
  5. Apakah merokok mengurangi prestasi anda di sekolah? Tidak karna merokok untuk iseng aja. Tidak karna merokok buat hobi. Tidak
  6. Apa hal yang buruk selama anda merokok? Kepala pusing. Kepala sering pusing Suka batuk
  7. Apakah ada manfaat merokok bagi anda? Menyegarkan pikiran Agar good mod Untuk penegaran pikiran
  8. Apakah ada Keinginan untuk behenti merokok? Ya, tapi gak sekarang Ada sih,masih nanggung Tentu.Tapi berat rasanya.

Bahwa meroko dimulai saat masa puber yakni besarnya keingontahuan untuk mencoba segala sesuatu.Yang mana mereka dipengaruhi oleh teman baik mereka sendiri.Peran orang tua sangat penting dalam membentuk pribadi anak.Di sekolah mereka tidak terganggu tapi bila kebiasaan merokok dihentikan atau dikurangi membuat mereka terganggu.Mereka menyadari efek samping dari merokok ,tapi enggan untuk berhenti karena candu berat.

Bahaya merokok!

Mungkin anda sudah tahu bahwa menghisap asap rokok orang lain di dekat anda lebih berbahaya bagi anda daripada bagi si perokok itu sendiri. Asap Utama adalah asap rokok yang terhisap langsung masuk ke paru-paru perokok lalu di hembuskan kembali. Asap Sampingan adalah asap rokok yang dihasilkan oleh ujung rokok yang terbakar.
Masalahnya adalah, udara yang mengandung asap rokok, dan anda hisap, akan mengganggu kesehatan, karena asap rokok mengandung banyak zat-zat berbahaya, diantaranya :
TARMengandung bahan kimia yang beracun, sebagainya merusak sel paru-paru dan meyebabkan kanker.
KARBON MONOKSIDA (CO) Gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen.
NIKOTIN Salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah, nikotin membuat pemakainya kecanduan.

Bila anda berada di ruangan berasap rokok cukup lama, maka ketiga zat beracun di atas akan masuk ke paru-paru anda.

Selama beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah membuktikan bahwa zat-zat kimia yang dikandung asap rokok dapat mempengaruhi orang-orang tidak merokok di sekitarnya. Perokok pasif dapat meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru dan jantung koroner. Lebih dari itu menghisap asap rokok orang lain dapat memperburuk kondisi pengidap penyakit :
ANGINA

Nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah pada jantung.
ASMA

Mengalami kesulitan bernafas.

ALERGI

Iritasi akibat asap rokok.

Gejala-gejala gangguan kesehatan :iritasi mata, sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, batuk dan sesak nafas.Wanita hamil yang merokok atau menjadi perokok pasif, meyalurkan zat-zat beracun dari asap rokok kepada janin yang dikandungnya melalui peredaran darah. Nikotin rokok menyebabkan denyut jantung janin bertambah cepat, karbon monoksida menyebabkan berkurangya oksigen yang diterima janin. Anak-anak yang orangtuanya merokok menghadapi kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit dada, infeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Dan mereka punya kemungkinan dua kali lipat untuk dirawat di rumah sakit pada tahun pertama kehidupan mereka.
Banyak orang tahu bahaya merokok, tapi tidak banyak yang peduli.

Melihat bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan rokok, kiranya diantara kita perlu bahu-membahu berbuat tiga hal utama :
Komunikasi dan informasi tentang bahaya merokok, baik bagi si perokok langsung maupun perokok pasif.
Menyediakan tempat-tempat khusus bagi orang yang merokok agar yang bukan perokok tidak terkena dampak negatifnya.


Jangan merasa segan untuk menegur perokok, jika anda merasa terganggu.

http://www.antirokok.or.id/product_index.htm